Apple daftarkan paten papan ketik layar sentuh untuk MacBook

April 17, 2016

cara-daftar-merek.blogspot.com - Apple daftarkan paten papan ketik layar sentuh untuk MacBook. Ada kemungkinan kita akan melihat laptop Apple MacBook dengan bentuk baru dan ukuran bodi yang lebih tipis, serta futuristis, karena tidak lagi menggunakan papan ketik fisik.
GMA News Online, Senin (11/4/2016), mengabarkan bahwa pada September 2015 Apple mendaftarkan hak paten untuk untuk sebuah “force-sensitive input structure for an electronic device” (struktur input sensitif-tekanan untuk gawai elektronik) pada Kantor Hak Paten dan Merek Dagang Amerika Serikat. Pengajuan ini baru diumumkan kepada publik pada 7 April 2016.
Apple, dikutip Mashable, menyebut papan ketik dengan layar sentuh ini “zero-travel”, artinya tidak ada tombol maupun bagian yang bergerak saat Anda menekannya. Sensor pada permukaan ini dapat membaca sentuhan yang diberikan dan kemudian beraksi sesuai fungsinya.
Salah satu keunggulan teknologi ini adalah konfigurasi tombol ketik –huruf, angka, hingga letak trackpad– bakal bisa diubah-ubah sesuai kebutuhan. Pengguna juga kemungkinan bisa menentukan tombol-tombol apa saja yang ingin dimunculkan saat menjalankan aplikasi tertentu.
Selain itu, pengguna juga tidak perlu untuk selalu membersihkan papan ketik virtual tersebut karena tidak ada sela antartombol berarti tidak akan banyak kotoran yang menumpuk. Kemungkinan adanya tombol yang rusak juga bisa dikurangi.
Untuk menandai bagian mana berfungsi sebagai tombol apa, Apple akan memasang lubang mikro sebagai batas dan area yang berfungsi akan diterangi oleh lampu dari bawah.
Apa bedanya gawai ini dengan iPad yang juga tidak memiliki papan ketik fisik?
Techradar menjelaskan bahwa bagaimanapun ini adalah sebuah MacBook yang menggunakan OS X. Jadi performanya jauh lebih unggul daripada iPad. Selain itu, gawai ini bakal jauh lebih tipis dari MacBook 12-inci, laptop Apple tertipis saat ini.
Walau demikian, perlu diingat bahwa Apple baru dalam tahap mengajukan paten. Jika paten didapat, belum tentu juga mereka bakal memproduksinya.
 
Copyright © 2016. Berita Hak Cipta, Merek, Paten & Desain Industri.
Design by Herdiansyah Hamzah
Creative Commons License