Sengeketa Merek, Casanova tetap milik pengusaha RI

June 5, 2016

cara-daftar-merek.blogspot.co.id - Sengeketa Merek, Casanova tetap milik pengusaha RI. Perusahaan kosmetik asal Perancis, J Casanova gagal membatalkan merek Casanova milik Irawan Gunawan di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat setelah gugatannya ditolak oleh majelis hakim.
Dalam sidang putusan yang diketuai majelis hakim Tito Suhut mengatakan penolakan gugatan itu lantaran penggugat (J Casanova) tak bisa membuktikan dalilnya sebagai pemilik merek J Casanova.
Hal itu berdasarkan berkas pembuktian yang disampaikan penggugat dalam persidangan. Dimana, sertifikat merek penggugat di berbagai negara telah habis masa berlakunya dari jangka waktu 10 tahun sejak tanggal pendaftaran. Pasalnya, sertifikat tersebut rata-rata terdaftar pada periode 1998 hingga 2004.
Majelis juga menilai, sertifat merek yang habis masa berlakunya itu pula juga dijadikan pertimbangan bahwa merek J. Casanova tidak memenuhi kriteria merek terkenal karena tidak pernah terdaftar di Indonesia dan belum dikenal.
“Karna tak bisa membuktikan dalil gugatannya maka gugatan penggugat harus lah ditolak,” ungkap Tito saat membacakan amar putusan, Rabu (1/6). Adapun dalam sidang putusan tersebut hanya dihadiri oleh pihak tergugat (Irawan Gunawan) dan turut tergugat, Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual (Ditjen KI).
Ditemui seusai persidangan, kuasa hukum Irawan, Edi Kristanto mengatakan cukup puas atas putusan hakim itu. “Putusan hakim sudah sesuai dan terbukti memang merek milik penggugat bukan lah merek terkenal,” ungkap dia kepada KONTAN.
Ia pun mengaku siap jika nantinya, penggugat mengajukan kasasi sebagai langka hukum lanjutan. Sekadar tahu saja, J Casanova mengajukan gugatan pembatalan merek terhadap Irawan lantaran memiliki persamaan pada pokoknya dengan miliknya.
Terlebih lagi, menurut pengakuannya merek J Casanova telah terdaftar di beberapa negara seperti Arab Saudi, Singapura, Jepang dan Malaysia. Adapun merek yang ingin dibatalkan milik Irawan itu telah didaftarkan di Ditjen KI pasa 25 Mei 2010 di bawah No. IDM000324610 untuk kelas barang 03. Sekadar tahu saja, J Casanova merupakan produsen parfum yang berdomisili di 7th Rue Washington 75008 Paris, Perancis.
 
Copyright © 2016. Berita Hak Cipta, Merek, Paten & Desain Industri.
Design by Herdiansyah Hamzah
Creative Commons License